Empat Cara Cek NPWP untuk Semua Wajib Pajak Indonesia

Cara cek NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Mereka yang sudah terdaftar memiliki NPWP mempunyai hak dan kewajiban masing-masing perihal pembayaran pajak berkala tiap tahunnya. Setiap wajib pajak diharuskan mengisi formulir yang sudah disediakan. Formulir tersebut diisi sebagai salah satu pelaporan bahwa yang bersangkutan sudah membayar pajak tahunan. Sementara untuk bisa mendapatkan formulir itu, setiap wajib pajak perlu memiliki NPWP.
NPWP yang sudah dimiliki oleh setiap wajib pajak harus diketahui dan jangan sampai lupa. Sebenarnya sudah ada kartu NPWP yang diberikan kepada setiap wajib pajak. Di dalam kartu NPWP tersebut terdapat informasi identitas wajib pajak beserta nomornya. Dengan begitu, setiap wajib pajak dapat selalu mengingat dan mengetahui NPWP yang dimilikinya. Jadi, jika saat dibutuhkan sewaktu-waktu cukup melihat kartu NPWP tersebut.

Wajib pajak akan menjadi hal yang memusingkan bilamana kartu NPWP miliknya hilang, padahal dalam waktu dekat sangat dibutuhkan untuk mengurusi pajak tahunannya. Jika kondisinya seperti itu, mau tidak mau Anda sebagai wajib pajak harus melakukan cara cek NPWP agar mengetahuinya secara mendetail. Anda tidak perlu takut saat hal tersebut terjadi karena setiap wajib pajak di Indonesia pasti akan dibantu dan dilindungi sebagai salah satu aset negara.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan saat ingin mengecek NPWP yang dimiliki dengan berbagai tujuan. Berikut akan dijabarkan informasinya untuk Anda.

1. Mengunjungi situs resmi
Anda bisa mengunjungi situs website resmi pajak di www.pajak.go.id. Website tersebut dapat Anda kunjungi setiap waktu. Anda pun bisa mencari berbagai informasi mengenai pajak Indonesia secara umum. Sementara secara khusus, informasi wajib pajak untuk Anda juga dapat disampaikan dengan menuliskan username dan password di website tersebut.

2. Mengirimkan email
Cara yang kedua, yaitu mengirim email ke alamat pengaduan@pajak.go.id. Anda bisa mengirim email terkait hal-hal apa saja tentang pajak. Tak terkecuali memeriksa NPWP yang Anda miliki.

3. Menelpon Kring Pajak
Cara yang berikutnya yang bisa Anda lakukan yaitu menelpon Kring Pajak. Anda bisa menelpon secara langsung ke nomor 1500200, lalu sampaikan permasalahan yang dihadapi mengenai NPWP. Anda pun bisa menelpon fasilitas handphonenya dengan nomor (kode area setempat) 1500200.

4. Mengirimkan faksimili
Selain ketiga cara di atas, ternyata masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengecek NPWP. Anda bisa mengirimkan faksimili ke nomor (021) 5251245. Anda bisa mengutarakan masalah apa saja yang dihadapi mengenai NPWP dan perpajakan. Anda pasti akan dibantu semaksimal mungkin.

Informasi diatas mengenai cara cek NPWP dapat segera Anda praktikkan. Semua cara tersebut sifatnya akan direspon cepat. Semua masalah Anda mengenai NPWP atau yang berkaitan dengan pembayaran pajak akan dijawab secara gamblang oleh pihak Dirjen Pajak. Jadi, jangan pernah khawatir mengenai masalah pajak.