Cara Membayar dan Cek Tagihan PBB Secara Online Termudah

Cara cek tagihan PBB secara online sekarang ini semakin memudahkan warga Indonesia untuk membayar pajak bumi dan bangunan atau PBB. Walaupun nominal PBB tidaklah terlalu besar seperti pajak yang lainnya, tapi tetap saja harus dibayarkan tepat pada waktunya karena pembayaran pajak tepat waktu bisa membantu mempercepat pembangunan Indonesia. Pembayaran PBB yang dulu harus dilakukan secara manual, sekarang sudah bisa dilakukan secara online dengan menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri atau ATM dari bank mana pun. Selain menggunakan ATM, Anda juga bisa membayar pajak secara online di Kantor Pos terdekat.

Cara Cek Tagihan PBB Secara online

Untuk mengecek jumlah tagihan PBB Anda bisa dilakukan secara langsung dengan menanyakan ke petugas kantor pajak, tapi cara ini sangatlah kurang efisien karena membutuhkan waktu yang lama. Cara cek tagihan PBB yang cukup efektif dan efisien adalah dengan melakukannya secara online. Cara cek tagihan PBB secara online ini bisa dilakukan melalui ATM. Sudah hampir sebagian besar bank di Indonesia memberikan layanan pembayaran PBB melalui ATM. Untuk cek tagihan pajak bumi dan bangunan melalui ATM ini dirasa sangatlah mudah, karena tidak membutuhkan waktu banyak dan biaya yang banyak. Namun jika Anda melakukan cek tagihan PBB melalui ATM tidak bisa dicetak atau di print out.

Cara Membayar Tagihan PBB Via ATM

Untuk melakukan pembayaran tagihan PBB melalui mesin ATM syarat utama yang diperlukan adalah mengetahui NOP atau Nomor Objek Pajak. Biasanya NOP ini terletak pada SPPT PBB yang terdahulu, Anda bisa mengecek NOP pada SPPT PBB yang Anda miliki. Jika sudah mengetahui NOP Anda, maka Anda bisa membayar PBB Anda secara online melalui ATM. Adapun langkah-langkah untuk membayar PBB secara online via mesin ATM adalah:
  1. Masuk pada menu utama ATM kemudian pilihlah menu pembayaran.
  2. Pilih menu pembayaran pajak atau pajak kemudian masukkan NOP milik Anda.
  3. Masukkan tahun PBB yang akan Anda bayar kemudian akan muncul besarnya pajak yang harus dibayar dan nama penanggung pajak.
  4. Pilih menu bayar pajak dan slip pembayaran akan tercetak. Simpan bukti pembayaran ini sebagai tanda bahwa Anda sudah membayar PBB.

Melakukan pengecekan tagihan PBB memang perlu Anda lakukan apalagi baru beberapa tahun terakhir ini fasilitas pembayaran pajak PBB secara online. Banyak orang yang tidak sadar bahwa dirinya masih mempunyai hutang PBB yang belum dibayarkan karena dulu sistem pembayaran PBB sangat tidak terkontrol dengan baik. Dulu jika orang akan membayar PBB harus melalui perangkat desa terlebih dahulu dan menyetorkannya melalui perangkat desa. Setelah itu, tidak ada pemberitahuan lanjutan apakah PBB yang sudah disetorkan sudah dibayarkan atau belum.

Dengan adanya sistem online ini Anda bisa langsung mengecek berapa jumlah tagihan PBB Anda dan langsung membayarnya secara online jadi jelas PBB yang Anda bayarkan langsung masuk ke kas negara. Dengan cara membayar dan cek tagihan PBB secara online yang mudah ini semoga menjadikan warga Indonesia sebagai wajib pajak yang taat.