Cara Cek Tagihan Telepon Rumah

Pengguna telepon rumah saat ini masih tergolong banyak, oleh sebab itu Anda semua harus tahu cara cek tagihan telepon rumah. Pada tahun 90an, telepon masih menjadi alat yang mahal karena hanya segelintir orang yang bisa memilikinya. Bahkan saat itu wartel (warung telekomunikasi) begitu menjamur, tapi biayanya masih dirasa mahal. Mau bagaimana lagi, adanya biaya telepon memang mahal pada saat itu. Tapi wartel menjadi satu-satunya cara untuk bisa berkomunikasi jarak jauh. Satu-satunya telepon murah adalah telepon koin yang banyak tersebar di tempat-tempat public.
Kehadiran telepon koin pada saat itu benar-benar menolong. Anda cukup memasukkan koin dan bisa menelepon siapa saja, jika telepon terputus cukup masukkan koin lagi. Seiring berjalannya waktu, pada awal tahun 2000an hadirlah handphone yang meramaikan industry telekomunikasi dan merupakan inovasi baru. Hingga saat ini handphone yang berwujud smartphone atau ponsel pintar semakin berkembang. Bahkan handphone tidak hanya bisa digunakan untuk telepon dan sms tapi juga masuk dalam dunia maya dengan internet.

Namun meraja lelanya handphone ini belum bisa menggeser keberasdaan telepon rumah. Nyatanya masih banyak orang yang menggunakan telepon rumah. Kebanyakan pengguna telepon adalah kantor-kantor dan sekolah. Perusahaan yang menaungi urusan telepon rumah di Indonesia adalah PT. Telkom, perusahaan milik negara yang terbesar. Cabang dari Telkom sudah tersebar di pelosok negeri, sehingga Anda mudah berlangganan telepon rumah.

Ada berbagai cara mengetahui tagihan telepon. Berikut ini beberapa cara cek tagihan telepon rumah Anda.

1. Melalui web resmi Telkom
Kini tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor Telkom setiap bulan untuk mengetahui tagihan telepon. Cara tersebut terbilang kuno, apalagi setelah melakukan cek belum tentu Anda membawa uang yang cukup, sehingga harus bolak-balik. Kini Telkom menyediakan fasilitas online yang bisa diakses melalui gadget Anda dan dimanapun serta kapanpun. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah buka web browser Anda dan pastikan perangkat atau gadget yang Anda gunakan terkoneksi internet. Masukkan alamat www.alamatinfobill.telkom.co.id, selanjutnya pilih jenis tagihan dan masukkan nomor pelanggan Anda serta security number dan terakhir tekan “cari”.

2. Melalui e-billing
Sebelumnya Anda harus terdaftar dalam e-billing atau tagihan elektronik dengan mendaftar di kantor Telkom terdekat. Untuk mendaftar, Anda bisa menghubungi contact center Telkom yaitu 147, datang ke kantor Telkom, mengirimkan email ke 147@telkom.co.id dan menambahkan nomor telepon/nomor Speedy Anda, bisa juga registrasi online ke www.telkom.co.id. Dengan e-billing Anda akan mendapatkan informasi tagihan setiap bulan melalui email secara rutin dan terperinci serta fleksibel, begitu juga informasi penting lainnya.

3. Melalui SMS
Pengecekan tagihan telepon selanjutnya adalah melalui SMS. Cara ini terbilang paling mudah dan praktis karena bagi Anda yang tidak memiliki fasilitas internet, bisa mengecek tagihan telepon rumah sewaktu-waktu. Adapun caranya dengan mengetik “bill” dan kirim ke 109.

Cara-cara tersebut juga dapat digunakan untuk mengecek tagihan Speedy Anda. Sekarang, cara cek tagihan telepon rumah ini bisa dilakukan dengan sangat mudah bukan? Dan Anda pun tidak perlu repot-repot ke kantor Telkom. Selamat mencoba.