Cara Cek Ongkir JNE untuk Melakukan Pengiriman Barang

Cara cek ongkir JNE menjadi informasi yang sangat penting untuk para pebisnis online. Konsumen yang membutuhkan jasa pengiriman barang tentu menginginkan barang yang diantarkan atau dikirim sampai dengan selamat serta tanpa kekurangan satu pun. Untuk mengantarkan barang dengan jasa pengiriman JNE tentu saja konsumen harus membayar ongkos kirim (ongkir). Hal ini kalrena pihak JNE telah menerapkan ongkir yang bervariasi terhadap barang-barang yang dikirimkan.
Saat ini, jasa pengiriman bukan hanya dimonopoli oleh Pos Indonesia. Perusahaan pengiriman swasta seperti JNE juga ikut berpartisipasi dalam bisnis jasa ini. Masyarakat menjadi banyak pilihan saat ingin mengantarkan barang dengan tujuan tertentu. Pelayanan dan tarif ongkir menjadi pertimbangan penting bagi banyak orang saat memilih jasa pengiriman. Pelayanan yang berkualitas didukung ongkir yang kompetitif menjadi pilihan utama. Hal semacam itu juga dilakukan oleh JNE.

Dengan mengetahui ongkir dari barang yang akan dikirimkan terlebih dulu, konsumen bisa membandingkan mana yang lebih terjangkau namun memiliki kualitas kerja yang baik. Ongkir yang diberlakukan disesuaikan dengan jenis dan macam barang, berat atau bobot benda, serta jauh dekatnya jarak lokasi barang tersebut akan dikirimkan. Jika lokasinya masih di dalam satu kota atau provinsi, tentu harga yang dibebankan juga lebih murah. Berbeda ongkirnya jika sebuah barang dikirimkan ke luar pulau, terlebih ke luar negri.

Cara cek ongkir JNE dapat dilakukan dengan mengunjungi alamat website resminya, yaitu www.jne.co.id. Setelah halaman muka terbuka, Anda akan membaca tulisan ‘check our tariff now’. Selanjutnya, Anda bisa mengetikkan kota penjual pada kolom ‘from’. Sementara pada kolom ‘to’. ketikkan kata pembeli. Jangan lupa untuk melengkapi berat total paket barang yang akan dikirim dengan satuan kilogram (kg).

Setelah Anda menuliskan semua data dengan lengkap, tekan tombol ‘submit’. Kemudian, Anda akan diminta menuliskan security code pada kolom yang disediakan. Tulislah dengan benar agar tidak mengulangi proses dari awal. Selanjutnya, tekan tombol ‘submit’ sekali lagi. Anda pun segera bisa membaca informasi mengenai ongkir dari JNE yang harus dibayar.

Ongkir yang diinformasikan tersebut sudah disesuaikan dengan jarak tujuan. Selain itu, berat paket barang yang akan dikirimkan juga menjadi pertimbangan murah mahalnya ongkir yang harus Anda bayar untuk jasa pengiriman JNE. Setelah mengetahui ongkir dari JNE, Anda pun bisa mempertimbangkan akan tetap memilihnya atau berpindah ke jasa pengiriman lain. Perlu diketahui bahwa JNE sudah populer di tengah masyarakat Indonesia sebagai jasa pengiriman terpercaya dan berkualitas. Oleh karenanya, tidak akan merugi saat memilihnya.

Jasa pengiriman seperti JNE menjadi lebih populer saat sedang ngetrend bisnis online di dunia maya. Pasalnya, barang yang diperjualbelikan dikirim ke tempat tujuan dengan melibatkan jasa pengiriman. Oleh karena itu, baik produsen maupun konsumen dalam bisnis online perlu mengetahui cara cek ongkir JNE untuk mengetahui berapa sebenarnya tarif yang akan dibayarkan nantinya.