Bagaimana Cara Cek Saldo Jamsostek?

Cara cek saldo Jamsostek atau yang sekarang ini disebut sebagai BPJS Ketenagakerjaan ini sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dari yang paling mudah hingga cara yang sedikit rumit. Apabila Anda merupakan pengguna Jamsostek, sekarang ini Anda tidak perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan hanya untuk mengecek saldo Jamsostek milik Anda karena pada jaman sekarang, Anda dapat melakukan pengecekan melalui online atau internet atau dapat juga menggunakan SMS untuk mengeceknya. Hal ini adalah salah satu upaya pengembangan dari BPJS Ketenagakerjaan untuk memperbaiki layanan mereka guna meningkatkan sumber daya manusia juga.

cara cek saldo jamsostek online,cara cek saldo jamsostek di hp,cara cek saldo jamsostek lewat internet,via internet,cara cek saldo bpjs tenaga kerja,jamsostek yang sudah tidak aktif,
baca juga : Cara Cek Saldo BRI

2 Cara Mengecek Saldo Jamsostek

Berbagai alasan seperti pelayanannya yang sering berbelit-belit dengan terkadang kurang memuaskan, membuat masyarakat sering merasa malas untuk melakukan pengecekan saldo Jamsostek milik mereka. Oleh karena itu dengan meningkatkan pelayanan dengan menggunakan layanan internet serta SMS. Apabila Anda merasa keberatan dengan pelayanan manual dari BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa menggunakan salah satu cara cek saldo Jamsostek di bawah ini:

1. Cara cek saldo Jamsostek melalui Online atau Internet
Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka situs resmi Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian Anda dapat menyiapkan kartu Jamsostek atau nomor KPJ milik Anda. Apabila Anda sudah pernah mendaftar pada BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek, Anda hanya perlu melakukan log in dengan memasukkan User ID serta password. Tetapi jika Anda belum pernah mendaftar, Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu. Registrasinya dapat dilakukan dengan cara yang sudah lazim digunakan untuk mendaftar. Tetapi dalam jenis keanggotaan, Anda harus memilih jenis keanggotaan ‘Tenaga Kerja’. Isi formulir dengan lengkap dan benar. Apabila data sudah dikirim, Anda akan mendapatkan SMS notifikasi yang berisi User ID beserta password. Kemudian Anda dapat langsung melakukan cara cek saldo Jamsostek di website resmi BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

2. Cara cek saldo Jamsostek melalui SMS atau Handphone
Apakah Anda adalah tipe orang yang suka menggunakan Handphone untuk melakukan aktivitas? Jika iya, Anda perlu menggunakan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek ini. Anda cukup mengisi User ID serta password untuk dapat menjalankan aplikasi ini. Penggunaan aplikasi ini tentunya akan memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan iuran yang sudah Anda bayarkan setiap bulan.

Jangan sampai Anda merasa sudah membayar tetapi ternyata belum masuk ke dalam data BPJS Ketenagakerjaan. Atau penggunaan aplikasi ini akan membantu mengingatkan Anda untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek sebelum batas waktu habis. Biasanya batas waktu pembayaran BPJS Ketenagakerjaan serupa dengan pembayaran BPJS Kesehatan, yakni pada tanggal 10 setiap bulannya. Lebih baik Anda melakukan pembayaran iuran secara rutin di awal agar dapat menghindari lupa.

Ya, demikianlah tadi penjelasan penulis mengenai cara cek saldo Jamsostek yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.