5 Cara Cek Tagihan Listrik Bulanan

Cara cek tagihan listrik dapat dilakukan dengan beberapa cara. Beberapa cara tersebut, tentunya mempunyai tujuan agar Anda bisa mengetahui jumlah tagihan listrik yang harus Anda bayarkan. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui tagihan yang dibayarkan pada bulan-bulan sebelumnya. Beberapa cara mengetahui tagihan listrik dapat dilakukan dengan 5 cara, antara lain Anda datang langsung ke kantor, dapat juga melalui telepon, melalui sms atau mengunjungi website PLN, melalui internet dan melalui aplikasi ponsel.
5 langkah tagihan listrik tersebut sangat mudah dilakukan bagi Anda dan merupakan layanan yang menguntungkan pengguna listrik. Bagi Anda yang penasaran cara mengetahui tagihan listrik simak penjelasannya di bawah ini. Cara mengetahui tagihan listrik yang pertama dapat mudah dilakukan dan sering dilakukan bagi pengguna listrik yang belum mengetahui cara mengetahui tagihan listrik dengan cara lain. Cara yang pertama ini, pengguna listrik datang langsung ke cabang PLN terdekat di kota Anda dan menyebutkan nomor pelanggan ke loket. Namun dengan mendatangi langsung cabang PLN di kota Anda maka akan memakan waktu yang lumayan.

Cara mengetahui tagihan listrik yang kedua adalah melalui telepon yakni tinggal call di 123 adalah nomor PLN sedangkan 147 adalah nomor tagihan telepon. Jika CS-nya sudah mengangkat telepon dari Anda, langsung saja sebutkan nomor pelanggan Anda. Selain itu, cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah untuk mengetahui tagihan listrik Anda adalah melalui sms. Fasilitas cek tagihan listrik melalui sms ini sangat bermanfaat bagi Anda yang malas mengecek tiap bulan tagih listrik Anda jika harus mengunjungi tempat pembayaran listrik.

Perlu Anda ketahui jika menggunakan cara cek tagihan listrik melalui layanan sms ini mempunyai sifat berlangganan, sehingga setiap bulannya dengan mudah pelanggan mendapatkan pesan berupa jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Sebelumnya pelanggan harus mendaftarkan terlebih dahulu dengan cara ketik REK (spasi) nomor pelanggan Anda dan kirim sms ke 8123. Namun pelanggan akan mendapatkan pemotongan biaya pulsa sebesar Rp 500 per sms. Saat ini layanan ini bisa dinikmati oleh Telkomsel, mobile 8, Indosat dan Telkom Fleksi.

Dan yang terakhir adalah cara mengetahui tagihan listrik dengan mudah dan sering digunakan oleh masyarakat saat ini yakni mengecek dengan melalui website, internet atau Online. Dengan menggunakan cara ini akan lebih murah karena sifatnya gratis dan instan sehingga Anda dapat langsung melihat rincian tagihan. Namun perlu Anda ketahui bahwa jumlah tagihan yang tertera belum termasuk layanan jasa sehingga jumlah sebenarnya yakni yang tertera dan ditambahkan uang layanan sekitar Rp 1.900. Caranya dengan membuka website PLN di http://www.pln.co.id, isi form dengan ID pelanggan dan klik cek maka akan muncul informasi tagihan bulanan Anda.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara cek tagihan listrik bulanan Anda? Demikian informasi ini, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda, khususnya bagi pelanggan listrik PLN yang malas untuk mengetahui tagihan listrik dengan mendatangi tempat pembayaran listrik.