Cara Cek Ijazah Secara Online

Cara cek ijazah secara online memang sangat perlu untuk Anda lakukan dengan segera untuk memastikan apakah ijazah yang Anda miliki saat ini asli ataukah hanya palsu belaka. Hal ini disebabkan karena sekarang sangat ramai praktek jual beli ijazah yang tidak sah alias palsu. Ini termasuk tindakan yang sudah jelas melanggar hukum pidana yang melibatkan banyak oknum yang tak bertanggung jawab mulai dari pihak akademisi hingga pihak politisi. Pastinya hal seperti ini butuh penanganan yang lebih serius oleh pihak yang berwajib dan tidak bisa dianggap sepele lagi karena sudah terlalu menjamurnya kegiatan seperti ini.

Tentunya kegiatan jual beli ijazah sangat disesalkan, karena upaya pemerintah kita ingin meningkatkan sumber daya manusia yang kompeten dan bermutu akan sangat terhambat dengan hadirnya gelar instan yang diperoleh dari ijazah palsu. Tetapi pemerintah pun tak ingin kecolongan dan untuk meminimalisir maraknya ijazah instan ini, maka salah satu cara yang dilakukan oleh pemerintah adalah melakukan pendataan rutin biodata ijazah setiap menjelang kelulusan perguruan tinggi.

Biodata dari pemilik resmi ijazah asli akan didata kembali oleh Ditjen Pendidikan Tinggi, yaitu pada bagian Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan, maka Anda bisa mengetes dari keaslian ijazah yang Anda miliki sekarang dengan cara cek ijazah secara online. Anda dapat mengunjungi situs resmi milik Pangkalan Data Pendidikan Tinggi untuk mengetahui pemilik dari ijazah S1, S2, dan S3 yang diperoleh secara resmi dan sah melalui jalur pendidikan yang semestinya. 

Berikut ini adalah tutorial cara cek ijazah secara online:

1. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi situs resmi milik pangkalan data. Tetapi, jika Anda belum bisa login ke dalam sistem, pastikan dahulu kalau Anda sudah mendaftar.

2. Setelah halaman website terbuka, maka isilah beberapa kolom yang sudah tersedia, yaitu:
  • Mengisi kolom perguruan tinggi dengan nama perguruan tinggi Anda.
  • Mengisi kolom kata kunci dengan NIM (Nomor Induk Mahasiswa) atau nama mahasiswa.
  • Mengisi kolom kode verifikasi atau captcha.
  • Kemudian klik tombol cari mahasiswa.
3. Jika data yang Anda masukkan sudah benar, maka akan muncul beberapa nama dan perguruan tinggi dari pemilik ijazah resmi. Ini berarti biodatanya sudah masuk dan didata oleh pangkalan data.

4. Untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci, maka Anda meng-klik salah satu nama yang terdapat pada halaman tersebut.

5. Jika dalam status mahasiswa tersebut tertulis keterangan lulus, maka ijazah dan biodata lengkapnya telah terdaftar di pangkalan data dan ijazahnya sudah dapat dipastikan legal, resmi, dan sah.

6. Bila Anda sulit untuk menemukan nama ataupun biodata, bisa jadi input data yang Anda isikan salah. Cobalah untuk mengulanginya kembali.

Cara cek ijazah secara online telah kami sampaikan kepada Anda secara sederhana melalui tutorial yang sudah tertulis diatas. Semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi Anda sekaligus menambah pengetahuan yang kita miliki. Demikian sedikit uraian dari kami dan mohon maaf jika ada penulisan yang masih salah dan kurang tepat.