Cara Cek Gula Darah Menggunakan Glucometer

Cara cek gula darah saat ini sangat mudah untuk dilakukan. Industri alat kesehatan saat ini telah berkembang pesat, termasuk untuk alat tes kadar gula darah yang bisa digunakan oleh masyarakat secara mandiri. Selalu memonitor kadar glukosa dalam darah akan membantu menjaga stabilnya kadar gula dalam peredaran darah kita. Hal ini penting sekali bagi mereka yang telah terserang penyakit diabetes. Jika kadar gula dalam darah terlalu tinggi, maka akan beresiko memicu komplikasi.

Kadar gula dalam darah dikatakan normal apabila dalam batas 200mg/dl. Angka tersebut diukur 2 jam dari jarak makan terakhir. Apabila diukur sebelum makan, maka semestinya angkanya di bawah 200mg/dl. Waktu pengecekan kadar gula dalam darah yang paling tepat adalah di pagi hari, yaitu sebelum sarapan pagi. Sehingga hasilnya bisa terlihat lebih akurat. Kita bisa mengukur sendiri kadar gula darah kita dengan menggunakan alat yang disebut Glucometer. 

Berikut cara cek gula darah dengan menggunakan Glucometer:

1. Siapkan alat dan sterilkan tangan
Siapkan Glucometer, jarum, alat penusuk, alkohol, kapas, dan test strip. Masukkan baterai ke dalam mesin Glucometer, kemudian nyalakan mesin tersebut. Setelah itu, aturlah jam, tanggal, tahun pada mesin tersebut agar data tes bisa tersimpan. Cuci tangan lebih dulu untuk memastikan bahwa tangan Anda bersih. Setelah itu, ambil chip test berwarna kuning, kemudian masukan chip tersebut ke dalam mesin. Ini berfungsi untuk cek mesin. Apabila muncul kata error di layar, itu berarti mesin dalam kondisi rusak. Apabila di layar muncul kata OK, itu berarti mesin telah siap untuk digunakan.

2. Tusukkan jarum ke tangan
Siapkan jarum tusuk yang masih baru dan steril, tempatkan di alat penusuk. Jarum tusuk ini hanya boleh digunakan satu kali. Siapkan jari yang akan ditusuk. Gunakan jari manis, tengah atau telunjuk. Bersihkan ujung jari yang akan ditusuk dengan menggunakan kapas dan alkohol. Ini penting dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya infeksi. Selanjutnya masukkan jarum ke dalam alat tembak, dan aturlah kedalaman jarumnya. Kemudian tusuk jarum dengan menggunakan alat tembak jarum. Tunggu hingga darah keluar. 

3. Masukkan test strip ke dalam Glucometer
Basahi test strip tersebut dengan darah dari jari Anda. Setelah test strip terbasahi dengan darah, alat pengukur pada mesin tersebut akan bekerja, yang ditandai dengan terlihatnya hitungan waktu sampai layar menunjukkan hasil pengukuran. Hasil yang muncul menunjukkan kadar gula dalam darah Anda. Jangan lupa untuk membersihkan jari dengan kapas yang telah diberi alkohol untuk menghentikan pendarahan dan menghindarkan Anda dari kemungkinan infeksi.

Jika hasil tes telah keluar, cocokkan dengan standar kadar gula darah normal. Apabila hasilnya jauh di atas ambang batas normal, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter keluarga Anda. Hal ini penting untuk dilakukan, agar Anda tidak terlambat dalam menangani tingginya kadar gula darah Anda. Karena jika dibiarkan berlarut-larut bisa memicu berbagai penyakit lain untuk datang. Demikianlah ulasan mengenai cara cek gula darah secara mandiri. Semoga bermanfaat.